MentalBreakdown

Something, Somewhere Went Terribly Wrong

Tanggal Pasti didirikannya Piramid Telah Ditetapkan

090921-great-pyramid-giza-date-built_big

Orang-orang mesir kuno memulai pembangunan Piramida terbesar, Giza, pada tanggal 23 Agustus 2470 SM. Berdasarkan penelitian kontroversial yang bermaksud menentukan kapan tanggal pasti dimulainya konstruksi bangunan kuno tersebut.Tim, yang terdiri dari para peneliti lokal, bisa sampai pada kesimpulan tersebut dengan  mendasarkan pada kalkulasi historis penampakan bintang Sothis – sekarang disebut Bintang Sirius.

Setiap tahun, saat terjadi banjir sungai Nil. bintang sothis akan muncul di langit subuh setelah lama absen. “penampakan bintang sothis mengindikasikan dimulainya periode kenaikan muka air (inundasi) di sungai Nil”, kata Abdel –Halim Nur El-Din, ketua tim peneliti. Sepanjang sejarah mereka, “ orang-orang Mesir… membangun bangunan utama, makam, dan kuil-kuil pada awal dimulainya inundasi” – waktu yang tepat karena air luapan tersebut membawa material-material humus, yang membantu menjaga kesuburan tanah. Bisa dikatakan, Fir’aun (Pharaoh) akan selalu mulai mendirikan makam-makam mereka dengan mengikuti pola kejadian tersebut. Khufu, salah satu Fir’aun yang menginginkan dirinya untuk dimakamkan di piramida giza, berkuasa pada tahun 2470 SM, begitu menurut Nur El-Din dan koleganya.

selanjutnya, tim peneliti tadi mencoba membanding-bandingkan antara kalender modern, kalender Mesir kuno, dengan siklus bintang untuk menentukan tanggal pasti bintang sothis akan mucul pada tahun 2470 SM tersebut. Mereka  yakin bahwa orang-orang mesir kuno telah mengamati bintang tersebut pada tanggal 17-19 juli, dan periode inundasi dimulai 35 setelahnya – pada 23 Agustus.

Fir’aun Me-reset Ulang Tanggal

“Dengan menggunakan penampakan bintang sothis untuk mendapatkan periode ulang banjir sungai Nil cukup masuk akal”, kata Mark Hammergreen,  astronomer Planetarum Adler di Chicago yang tidak ikut terlibat dalam tim peneliti. Ia setuju dengan kalkulasi bintang sothis yang dilakukan oleh tim Nur El-Din, dengan mendasarkan penelitian lain tentang perkiraan kapan bintang tersebut muncul dimasa mesir kuno.

Meskipun begitu, Hammergreen memberikan catatan bahwa “penampakan” bintang  tersebut juga tergantung pada keadaan cuaca, yang mana akan mengaburkan kapan pastinya bintang tersebut muncul pertahunnya.  Mahmoud Afifi, General Director Giza Antiquities, juga menitikberatkan perhatiannya tentang penempatan tahun pasti kapan dimulainya Fir’aun Khufu berkuasa. Kronologi sejarah Mesir kuno selalu diulang dari nol setiap dimulainya periode kekuasaan Fir’aun. Membuat hal tersebut menjadi sulit ketika harus dicocokkan antara  kalender modern dengan tanggal terjadinya peristiwa kuno tersebut. terlebih lagi, tanggal-tanggal yang tertera pada urutan raja-raja mesir kuno sangat tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hal tersebut dikarenakan orang-orang Mesir kuno sering memiliki motivasi politik untuk merubah catatan-catatan sejarah.

Beberapa Fir’aun yang kurang populer bisa saja tidak dimasukkan kedalam urutan, hasilnya, tentu saja masa berkuasa fir’aun-fir’aun lain setelahnya akan berubah. Beberapa peneliti memperdebatkan kapan pastinya Fir’aun Khufu naik tahta, dengan perkiraan 139 tahun lebih cepat dibandingkan tanggal yang telah ditetapkan oleh tim peneliti Nur El-Din tadi.

Dengan kata lain, rancangan monumental pembangunan Piramida Giza bisa saja membutuhkan banyak waktu  dalam persiapannya. Yang mana telah menunda dimulainya konstruksi ditahun pertama kekuasaan Fir’aun Khufu.

Misteri Piramida

Untuk Afifi, ada banyak aspek dari Piramida Giza yang masih terselimuti misteri, “kita bahkan tidak tahu mengapa Khufu memilih Giza untuk kuburannya, sedangkan ayahnya di Dashur, yang letaknya 30 kilometer dari sana” katanya.

“ada begitu banyak teori tentang Piramida Giza, karena ia adalah satu-satunya yang masih selamat dari sekian banyak keajaiban dunia kuno lain”, tambahnya.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: