MentalBreakdown

Something, Somewhere Went Terribly Wrong

Asal Mula Nama Hari Dalam Seminggu (Inggris)

Nama-nama Hari disusun berdasarkan 7 (tujuh) rangka utama dalam astrologi tradisional (Matahari (Sun), Bulan (Moon), Mars, Merkurius, Jupiter, Venus, dan Saturnus). Bagian tersebut dipercaya saat itu (1100 – 1500 M) bergerak mengelilingi Bumi dan berpengaruh pada setiap kejadian yang berlangsung diatasnya. 7 (tujuh) hari dalam seminggu telah menjadi bagian dari Kalender Romawi pada Tahun 321 SM.

English

Latin

Saxon

German

French

Italian

Spanish

Sunday Dies Solis Sunnandaeg-Sun’s Day Sonntag dimanche domenica domingo
Monday Dies Lunae Monandaeg-Moon’s Day Montag lundi lunedì lunes
Tuesday Dies Martis Tiwesdaeg-Tiw’s Day Dienstag mardi martedì martes
Wednesday Dies Mercurii Wodnesdaeg-Woden’s Day Mittwoch mercredi mercoledì miércoles
Thursday Dies Jovis Thunresdaeg-Thor’s Day Donnerstag jeudi giovedì jueves
Friday Dies Veneris Frigedaeg-Frigg’s Day Freitag vendredi venerdì viernes
Saturday Dies Saturni Sater-daeg- Saturn’s Day Samstag samedi sabato sábado

odin

Selasa

Selasa (Tuesday), hari ketiga dalam seminggu. Namanya berasal dari Dewa Perang Norse (Bangsa Skandinavia Kuno), Tiu atau Tyr, Putra Odin atau Woden. Dikenal sebagai Tisdag di Swedia, Tirsdag di Denmark. Bangsa Romawi menghormati Dewa Perang mereka sendiri, Mars, dengan memberikan nama untuk hari ketiga untuknya (dies Martis), dan di Prancis dinamai Mardi, di Italia Martedi, dan Di Spanyol Martes. Di Jerman disebut Dienstag, yang artinya “hari berkumpul”. Dan dikenal dengan nama yom shlishi oleh bangsa Hebrew, yang berarti “hari ketiga”.

Rabu

Rabu (Wednesday), dinamai untuk menyanjung Odin, atau Woden, Dewa tertinggi dalam Mitologi Norse. Di Swedia dan Denmark, hari ini disebut Onsdag, yang berasal dari bahasa asli Norse. Bangsa Romawi memuja Dewa mereka sendiri, Merkuri, dengan menamai hari keempat untuknya. Dalam bahasa Latin, dies Mercurii. Bangsa Jerman menyebut hari ini Mittwoch, yang artinya “mid-week”.

KamisThor

Kamis (Thursday), hari kelima dalam seminggu, ditujukan pada Thor, Dewa Petir Norse. Di Denmark dan Swedia, dalam bahasa asli Norse, hari ini disebut Torsdag. Dalam kalender Romawi, hari kelima berasal dari bahasa Latin dies Jovis, artinya “Jove’s Day”, ditujukan pada Jove, atau Jupiter, dewa hujan dan petir, salah satu Dewa tertinggi dalam Mitologi Romawi. Bangsa Jerman menyebutnya, “Thunder day”.

dalam kepercayaan Kristiani, ada yang disebut “Holy Thursday”, adalah hari sebelum “Good Friday”. Mengingatkan pada hari Perjamuan terakhir, pertemuan terakhir Yesus Kristus dengan para pengikutnya. Thanksgiving Day, hari libur nasional di Amerika, dirayakan setiap hari Kamis keempat pada Bulan November.

Frija

Jumat

Jumat (Friday), dalam bahasa Anglo-Saxon disebut Frigadaeg; berasal dari Fria, seorang Dewi; dan Daeg, “day”. Hari kelima dalam seminggu. Hari ini merupakan hari yang suci untuk Venus, dewi Cinta, yang oleh Bangsa Romawi menyebutnya dies veneris (day of Venus). Bangsa Jerman menyebut hari ini adalah hari yang suci untuk Dewi Cinta Norse, Frigg atau Frija.

Bagi Muslim, hari Jum’at hari berkumpulnya kegiatan keagamaan. Hari yang telah ditunjuk oleh Nabi Muhammad SAW untuk mengenang penciptaan manusia pada “Hari Kelima penciptaan” juga untuk membedakan pengikutnya dari Kristiani dan Yahudi. Menurut kepercayaan Kristiani, Jumat telah lama terkenal dengan sebutan hari buruk. Kepercayaan tersebut berasal dari peristiwa disalibnya Yesus Kristus pada hari ini.  Kepercayaan Ortodox Yunani, jumat adalah hari diharamkannya memakan daging, kecuali bertepatan dengan hari besar, seperti Natal.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: