MentalBreakdown

Something, Somewhere Went Terribly Wrong

15 Cara Bebas Kafein Untuk Menjaga Agar Tidak Ngantuk

Mengantuk adalah hal yang lumrah terjadi. Namun bilamana rasa ngantuk itu tiba-tiba datang disaat kita dibutuhkan untuk tetap fokus, akan menjadi masalah. Tahukah anda… Menjaga agar tidak ngantuk sangatlah mudah… cukup dengan beberapa gelas espresso dan sekaleng minuman energi, sudah akan membuat badan anda tiba-tiba kencang dan tetap fokus. Tapi anda juga akan mati terkena serangan jantung beberapa jam setelahnya. Didalam kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, mengalahkan rasa ngantuk sebelum ia menguasai pikiranmu bisa jadi pergulatan hebat tanpa adanya bantuan stimulan.

Pertanyaannya sekarang : apa saja cara yang dibutuhkan untuk tetap fokus disaat kita membutuhkannya? Lihatlah 15 cara yang memungkinkan dibawah ini :

1. Nyalakan AC

Hangat, dan ruangan yang pengap akan mempercepat datangnya rasa lelah. Jika anda butuh untuk tetap fokus di ruang rapat atau ruang kantor, carilah tempat dibawah AC.

2. Air Dingin

Siramkan air dingin ke wajah anda dan usap diarea sekitaran leher anda. Meminum air dingin juga dapat membantu anada untuk tetap fokus, dan jika anda meminumnya lebih dari cukup, bisa – bisa tiap 30 menit juga  anda akan lebih sering kekamar mandi nantinya.

3. Kurangi Makan

Tubuh manusia menghabiskan banyak energi selama proses mencerna makanan. Ini berakibat timbulnya rasa lelah disaat kamu berusaha untuk fokus. Berpuasa adalah salah satu cara yang baik untuk menghindari kelelahan alami ini. Selama anda cukup minum air, mengurangi makan untuk satu atau 2 kali dalam sehari adalah cara yang sehat untuk menghilangkan racun dalam tubuh anda dan mengistirahatkan organ pencernaan kita.

4. Melenturkan Badan

Istirahat atau berjalan dan berlari-lari kecil akan membantu darah anda untuk mengalir. Bahkan cukup hanya dengan latihan sebentar saja dapat berarti banyak untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh anda.

5. Kunyah Permen karet

Aktivitas fisik seperti mengunyah perman karet akan membantumu untuk tetap fokus. Rasa Mint yang keluar didalam mulutku dari permen karet sepertinya cukup berguna untukku.

6. Menulis

Intinya adalah untuk membuat pikiran anda tetap sibuk. Jika anda menghadiri pertemuan bisnis ataupun rapat, tulis apa saja yang dikatakan. Jika anda berusaha untuk tetap fokus, buatlah catatan ringkas tentang apa yang ingin anda lakukan dalam seminggu atau saat liburan tiba.

7. Tertawa Kecil

Menonton video singkat atau membaca cerita-cerita lucu adalah cara yang asyik untuk menstimulasi pikiran anda dan membantu untuk tetap fokus lebih lama.

8. Menonton/Membaca kisah-Kisah Inspirasional

Terkadang yang kamu butuhkan hanyalah sedikit ingatan tentang kisah-kisah yang membuat semangat anda terpompa.

9. Music

Jika tidak terlalu mengganggu, mendengarkan musik irama cepat akan membantu pikiran anda untuk tetap fokus.

10. Nyalakan Semua Lampu

Gelap menyebabkan ngantuk. Nyalakanlah semua lampu didalam ruangan.

11. Ngobrol dengan Teman didekat anda

Sangat mudah untuk tidak ngantuk ketika anda memiliki seseorang untuk diajak bicara.

12. Main Video Game

Main First-Person Shooter, game balap, atau online-RPG seperti World Of Warcraft akan membantumu untuk menghilangkan rasa ngantuk.

13. Keluar Ruangan

Menghirup udara segar diluar ruangan adalah cara yang baik untuk menyegarkan kelima panca indera anda.

14. Makan Makanan Rendah Karbohidrat

Buah-buahan rendah karbohidrat seperti jeruk, anggur bagus untuk meningkatkan energi anda. Jaga jarak untuk makanan seperti daging, roti, dan susu produk.

15. Tidur Cukup Saat Kamu Sempat

Ini adalah hal yang tidak boleh kamu tinggalkan. Cara terbaik untuk menjaga agar tubuh tetap memiliki istirahat cukup. Jika anda tidur cukup tiap harinya, akan sangat mudah bagi anda untuk tetap fokus atau disaat anda harus begadang.

Nah, khusus untuk poin yang ini. Akan saya berikan beberapa tips seandainya anda mengalami kesulitan untuk tidur:

-          Tidur disaat anda sudah benar-benar mengantuk

-          Jika anda masih belum bisa tidur dalam 20 menit, kerjakan sesuatu yang bikin anda cepat bosan. Duduk dalam cahaya remang-remang sambil membaca koran akan sangat membantu anda untuk cepat tidur. Asal jangan terlalu sering.

-          Hindari konsumsi kafein, nikotin, setidaknya 4-6 jam sebelum tidur.

-          Hanya gunakan tempat tidur anda untuk tidur. Jangan makan, main game, atau baca buku diatas tempat tidur. Sehingga ketika berada diatas tempat tidur, anda hanya akan tahu untuk tidur.

-          Makan makanan ringan sebelum tidur. Perut yang kosong tidak enak untuk dibawa tidur, carilah makanan yang bia membuat perut anda setidaknya tidak berbunyi disaat anda hendak tidur.

-          Basuh kaki dan tangan anda dengan air hangat. Ini akan membuat badan terasa lebih rileks.

-          Yang terakhir, jangan lupa berdoa.

About these ads

Single Post Navigation

5 thoughts on “15 Cara Bebas Kafein Untuk Menjaga Agar Tidak Ngantuk

  1. wah terima kasih yah sharenya.. bermanfaat juga nih.. :D
    salam kenal yah, q blogger newbie nih.. kalo sempat kunjungi site Q yah.. thx.. ^_^

  2. ah tapi yg paling manjur . . . harus ngopi

    tapi bisa dicoba tuh

  3. yayas92 on said:

    siap ndan …
    bagus ni pengalamannya
    moga bisa berbuah manis dari kebaikannya ya …
    ^92^

  4. perlu dicoba ini soalnya saya sering minum kopi saat ngantuk,, tpi gak ilang juga…

  5. andry on said:

    kalo pengalamanku, malam2 minum es teh manis.. coba aja…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: